Monday, July 13, 2009

[mail] asupan untuk masa awal kehamilan


Dear Mbak Lessy,

Selamat ya atas kehamilannya..yang pertama pula pasti
rasanya deg deg-an..saya dulu juga gitu kok..anyway
jangan terlalu di bawa pusing..santai saja..


Yang penting asupan makanannya yang harus bergizi
seimbang..memang awal kehamilan perlu mengkonsumsi
vitamin tapi tetap yang penting adalah asupan makanan
bergizi tersebut..

Yang saya baca di buku buku kehamilan Folic Acid
paling penting umumnya dokter pasti kasih vit tsb
bahkan double dosis karena kalo hanya mengandalkan
dari asupan jelas gak cukup..coba browse di AAP,mayo
clinic dll tentang folic acid,

Kalsium juga penting saya dulu konsumsi cdr sampe usia
9 bulan..eh pas lahir anakku panjangnya 53 cm..gak
ngerti juga ngaruh apa engaak..logic nya kalo asupan
kalsium kurang si bayi akan mengambil persediaan
kalsium yang ada di tubuh si ibu..kebayang kalo
kalsium kita kurang yang ada bisa bisa nanti si ibu
osteoporosis deh.

selain itu dulu saya sering mengkonsumsi air kacang
hijau dan susu kedelai..bagus banget buat ganjel kalo
lagi laper..trus ke kantor saya pasti bawa buah-buah
potong buat cemilan

Dulu saya ngatur nya gini mbak

pagi sebelum ngantor sarapan: bisa nasi & lauk, roti,
cereal
jam 9-10 ngemil buah/jus/biskuit (diselang seling)dan
minum CDR
jam 12 makan siang seperti biasa
jam 14-15 minum susu hamil/susu kedelai/air kacang
hijau (diselang seling)
Jam 18-19 makan malam seperti biasa trus ngemil buah

usahakan tidak mengkonsumi mie instant, soda, kopi dan
makanan olahan (nugget, kornet, sosis, bakso) karna
umumnya mengandung bahan pengawet..kalo kepengen
sebisa mungkin yang homemade

he he jadi banyak ya..sekdear bagi bagi pengalaman
dulu aja

anyway semoga membantu ya, saya rasa info ini juga
banyak di buku buku tentang kehamilan

Semoga membantu

Dolly
(Mama Rafa)

source:
http://www.mail-archive.com/ayahbunda-online@yahoogroups.com/msg02192.html

No comments: